KASUS ENRON
Enron adalah perusahaan di Amerika Serikat yang bergerak di bidang
energy. Enron ini memiliki cakupan bisnis di antaranya adalah listrik, gas
alam, pulp , kertas, komunikasi dll. Enron ini awalnya merupakan rintisan dari
Northern Natural Gas Company yang didirikan tahun 1931 di Omaha, Nebraska[2].
Jatuhnya
Bisnis Perusahaan Enron
Enron
mengumumkan kebangkrutannya pada akhir tahun 2002. Tentu saja kebangkrutan ini
menimbulkan kehebohan yang luar biasa.
Bangkrutnya
Enron dianggap bukan lagi semata-mata sebagai sebuah kegagalan bisnis,
melainkan sebuah skandal yang multidimensional, yang melibatkan politisi dan
pemimpin terkemuka di Amerika Serikat. Hal ini bisa dilihat dari beberapa fakta
yang cukup mencengangkan seperti:
- Dalam waktu sangat singkat perusahaan yang pada tahun 2001
sebelum kebangkrutannya masih membukukan pendapatan US$ 100 miliar,
ternyata tiba-tiba melaporkan kebangkrutannya kepada otoritas pasar modal.
Sebagai entitas bisnis, nilai kerugian Enron diperkirakan mencapai US$ 50
miliar. Sementara itu, pelaku pasar modal kehilangan US$ 32 miliar dan
ribuan pegawai Enron harus menangisi amblasnya dana pensiun mereka tak kurang
dari US$ 1 miliar.
- Saham Enron terjun bebas hingga berharga US$ 45 sen. Padahal
sebelumnya pada Agustus 2000 masih berharga US$ 90 per lembar. Oleh
karenanya banyak pihak yang mengatakan kebangkrutan Enron ini sebagai
kebangkrutan terbesar dalam sejarah bisnis di Amerika Serikat dan menjadi
bahan pembicaraan dan ulasan di berbagai media bisnis dan ekonomi
terkemuka seperti Majalah Time, Fortune, dan Business Week.
Sebab-sebab
Bangkrutnya Enron
Dalam proses
pengusutan sebab-sebab kebangkrutan itu Enron dicurigai telah melakukan praktek
window dressing. Manajemen Enron telah menggelembungkan (mark up) pendapatannya
US$ 600 juta, dan menyembunyikan utangnya sejumlah US$ 1,2 miliar [1]. Hal ini
tentunya hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki keahlian dengan
trik-trik manipulasi yang tinggi dan tentu saja orang-orang ini merupakan orang
bayaran dari mulai analis keuangan, para penasihat hukum, dan auditornya.
Skandal ini
semakin ruwet dengan ditengarainya keterlibatan banyak pejabat tinggi gedung
putih dan politisi di Senat Amerika Serikat yang pernah menerima kucuran dana
politik dari perusahaan ini.Bahkan tercatat 35 pejabat penting pemerintahan
George W. Bush merupakan pemegang saham Enron. Dalam daftar perusahaan
penyumbang dana politik, Enron tercatat menempati peringkat ke-36, dan
penyumbang peringkat ke-12 dalam penggalangan dana kampanye Bush. Akibat
pertalian semacam itu, banyak orang curiga pemerintahan Bush dan para politisi
telah dan akan memberikan perlakuan istimewa, baik dalam bisnis Enron selama
ini maupun dalam proses penyelamatan perusahaan itu.
Pelajaran
di Balik Skandal Enron
Melalui
kasus Enron ini dapat ditarik beberapa pelajaran yakni:
- Kebohongan yang dilakukan pada sebuah sistem terbuka seperti
organisasi Enron cepat atau lambat pasti akan terbongkar.
- Kasus-kasus kejahatan ekonomi tingkat tinggi selalu saja
mengorbankan kepentingan orang banyak. Telah terjadi pelanggaran terhadap
kode etik berbagai profesi seperti akuntan, pengacara dan lain sebagainya,
dimana segelintir profesional tersebut serakah dengan memanfaatkan
ketidaktahuan dan keawaman banyak orang. Hal ini mengakibatkan bencana
yang mencelakakan banyak pihak: ribuan pekerja, pemegang saham, para
pemasok, kreditor, dan pihak-pihak lainnya.
- Terbongkarnya praktek persekongkolan tingkat tinggi ini menjadi
bukti bahwa praktek bisnis yang bersih dan transparan akan lebih langgeng
(sustainable). Prinsip-prinsip tata kelola
korporasi yang baik (good corporate governance) harus dijaga dan
dipelihara. Pengelolaan haruslah dilakukan secara transparan, fair,
akuntabel, serta menjaga keseimbangan lingkungan.
California
krisis listrik
From Wikipedia, the free
encyclopedia Dari Wikipedia Bahasa Melayu, ensiklopedia bebas
|
1996 1996
|
California begins to loosen controls on its energy market and
takes measures to increase competition. California mulai melonggarkan kontrol di
pasar energi dan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan persaingan.
|
April 1998 April
1998
|
Spot market for energy begins
operation. Spot pasar untuk energi mulai operasi.
|
May 2000 Mei
2000
|
Significant rise in energy
price. Signifikan kenaikan harga energi.
|
June 14, 2000 14
Juni 2000
|
Blackouts affect 97,000
customers in San Francisco
Bay area during a heat wave . Mempengaruhi pemadaman listrik
97.000 pelanggan di San
Francisco Bay
area selama gelombang panas .
|
August 2000 Agustus
2000
|
San Diego Gas & Electric
Company files a complaint alleging manipulation of the markets. San Diego
Gas & Electric Company file keluhan dugaan manipulasi pasar.
|
January 17–18, 2001
17-18 Januari, 2001
|
Blackouts affect several
hundred thousand customers. Mempengaruhi pemadaman beberapa ratus ribu
pelanggan.
|
January 17, 2001
17 Januari 2001
|
Governor Davis declares a
state of emergency. Gubernur Davis menyatakan keadaan darurat.
|
March 19–20, 2001
19-20 Maret 2001
|
Blackouts affect 1.5 million
customers. Pemadaman mempengaruhi 1.500.000 pelanggan.
|
April 2001 April
2001
|
Pacific Gas & Electric Co.
files for bankruptcy. Pacific Gas & Electric Co file untuk
kebangkrutan.
|
May 7–8, 2001 07-08
Mei 2001
|
Blackouts affect upwards of
167,000 customers. Pemadaman mempengaruhi ke atas dari 167.000
pelanggan.
|
September 2001 September
2001
|
Energy prices normalize.
Energi harga normal.
|
December 2001 Desember
2001
|
Following the bankruptcy of
Enron, it is alleged that energy prices were manipulated by Enron.
Setelah bangkrutnya Enron, dituduh bahwa harga energi dimanipulasi oleh
Enron.
|
February 2002 Februari
2002
|
Federal Energy Regulatory
Commission begins investigation of Enron's involvement. Komisi
Regulator Energi Federal dimulai penyelidikan keterlibatan Enron.
|
Winter 2002 Musim
Dingin 2002
|
The Enron Tapes scandal begins
to surface. Skandal Enron Tapes mulai permukaan.
|
November 13, 2003
November 13, 2003
|
Governor Davis ends the state
of emergency. Gubernur Davis mengakhiri keadaan darurat.
|
The California electricity crisis , also
known as the Western US Energy Crisis , of 2000 and 2001 was a situation where California had an artificial shortage of electricity.
Krisis listrik California, juga dikenal sebagai
Barat Krisis Energi
AS, dari
2000 dan
2001 adalah situasi di mana
California memiliki kekurangan listrik buatan.
The state suffered from multiple large-scale blackouts , one of the state's largest energy
companies collapsed, and the economic fall-out greatly harmed Governor Gray Davis 's standing. Negara menderita dari
beberapa skala besar-
pemadaman , salah satu terbesar perusahaan energi
negara runtuh, dan jatuhnya ekonomi-out sangat dirugikan
Gubernur Gray Davis berdiri s '.
Artificial supply shortage was created by
gratuitously taking power plants offline for (unnecessary)
"maintenance" on hot summer days of peak demand [
4 ] [
5 ] . Buatan kekurangan pasokan diciptakan oleh gratuitously
mengambil pembangkit listrik offline untuk (tidak perlu)
"pemeliharaan" pada hari-hari musim panas permintaan tinggi
[4]
[5]
.
Rolling blackouts adversely affected many
businesses dependent upon a reliable supply of electricity, and inconvenienced
a large number of retail consumers. Rolling pemadaman terpengaruh banyak
perusahaan bergantung pada pasokan listrik, dan nyaman sejumlah besar konsumen
ritel.
This demand supply gap was further exploited by energy companies, mainly Enron . Kesenjangan pasokan permintaan ini semakin
dieksploitasi oleh perusahaan-perusahaan energi,
terutama
Enron .
Enron traders were thus
able to sell power at premium prices, sometimes up to a factor of 20x its
normal peak value. pedagang Enron dengan demikian dapat menjual tenaga
dengan harga premium, kadang-kadang sampai faktor 20x nilai puncak normal.
Because the state Government had a cap on retail electricity
charges, this market manipulation squeezed the industry's revenue margins,
causing the bankruptcy of Pacific Gas and Electric Company
(PG&E) and near bankruptcy of Southern California Edison in early
2001. [
6 ] Karena Pemerintah negara memiliki topi atas dakwaan
listrik ritel, manipulasi pasar meremas's margin pendapatan industri,
menyebabkan kebangkrutan
Pasifik Gas dan Electric Company
(PG & E) dan kebangkrutan dekat
Southern California Edison pada awal
2001.
[6]
The financial crisis was possible because of
deregulation legislation instituted in 1996 by Governor Pete Wilson . Enron took advantage of this deregulation and was involved in
economic withholding and inflated price bidding in California's spot markets. [
7 ] The crisis cost $40bn to $45bn. [
8 ] Krisis keuangan dimungkinkan karena undang-undang
deregulasi dilembagakan pada tahun 1996 oleh Gubernur
Pete Wilson .
Enron mengambil keuntungan dari deregulasi ini dan terlibat
dalam pemotongan ekonomi dan penawaran harga meningkat di tempat pasar di
California.
[7]
Krisis biaya $ 40 miliar menjadi $ 45bn.
[8]
[ edit ] Causes [ sunting ] Penyebab
[ edit ] Market manipulation
[ edit ] manipulasi Pasar
As the FERC report concluded, market manipulation was only possible as a result
of the complex market design produced by the process of partial deregulation.
Sebagai laporan FERC menyimpulkan,
manipulasi pasar hanya mungkin sebagai akibat dari
desain pasar yang kompleks yang dihasilkan oleh proses deregulasi parsial.
Manipulation strategies were known to energy traders
under names such as "Fat Boy", " Death Star ", "Forney Perpetual
Loop", "Ricochet", "Ping Pong", "Black
Widow", "Big Foot", "Red Congo", "Cong
Catcher" and "Get Shorty". [
9 ] Some of these have been extensively investigated and described in
reports strategi Manipulasi diketahui pedagang energi di bawah nama
seperti "Fat Boy", "
Death Star "," Forney Abadi Loop
"," memantul "," Pong Ping "," Black Widow
"," Big Foot "," Merah Kongo " , "Cong
Catcher" dan "Get Shorty".
[9]
Beberapa telah banyak diteliti dan diuraikan dalam laporan
Megawatt laundering is the term,
analogous to money laundering, coined to describe the process of obscuring the
true origins of specific quantities of electricity being sold on the energy
market. pencucian Megawatt adalah, istilah analog dengan
pencucian uang, diciptakan untuk menggambarkan proses menutupi asal-usul
sebenarnya dari jumlah tertentu listrik yang dijual di pasar energi.
The California
energy market allowed for energy companies to charge higher prices for
electricity produced out-of-state. Pasar energi
California diizinkan bagi
perusahaan-perusahaan energi untuk membebankan harga yang lebih tinggi untuk
produksi listrik di luar negara.
It was therefore
advantageous to make it appear that electricity was being generated somewhere
other than California.
Oleh karena itu menguntungkan untuk membuatnya tampak bahwa listrik yang
dihasilkan di suatu tempat lain daripada
California.
Senator Barbara Boxer received a letter in 2002 that pointed
to Enron as the cause of the electricity crisis. Senator Barbara Boxer menerima
surat pada tahun 2002 yang menunjuk ke Enron
sebagai penyebab krisis listrik.
Overscheduling is a term used in
describing the manipulation of capacity available for the transportation of
electricity along power lines. Overscheduling adalah istilah yang
digunakan dalam menggambarkan manipulasi kapasitas yang tersedia untuk
transportasi listrik di sepanjang saluran listrik.
Power
lines have a defined maximum load. garis Power memiliki beban maksimum
yang ditetapkan.
Lines must be booked (or scheduled
) in advance for transporting bought-and-sold quantities of electricity.
Lines harus dipesan (atau
dijadwalkan) di muka untuk mengangkut
membeli-dan-menjual jumlah listrik.
"Overscheduling"
means a deliberate reservation of more line usage than is actually required and
can create the appearance that the power lines are congested.
"Overscheduling" berarti sengaja pemesanan penggunaan garis lebih
dari yang sebenarnya diperlukan dan dapat menciptakan kesan bahwa kabel listrik
yang sesak.
Overscheduling was one of the building
blocks of a number of scams. Overscheduling adalah salah satu blok
bangunan dari sejumlah penipuan.
For example, the Death
Star group of scams played on the market rules which required the state to
pay "congestion fees" to alleviate congestion on major power lines.
Misalnya, kelompok
Kematian Bintang penipuan diputar pada aturan pasar
yang dibutuhkan negara untuk membayar biaya kemacetan "" untuk
mengurangi kemacetan pada jalur kekuatan utama.
"Congestion
fees" were a variety of financial incentives aimed at ensuring power
providers solved the congestion problem. "Biaya kongesti"
adalah berbagai insentif keuangan yang bertujuan untuk memastikan penyedia daya
memecahkan masalah kemacetan.
But in the Death Star
scenario, the congestion was entirely illusory and the congestion fees would
therefore simply increase profits. Tapi dalam skenario Death Star,
kemacetan itu sepenuhnya ilusi dan biaya kemacetan karena akan hanya
meningkatkan keuntungan.
In a letter sent from David Fabian to Senator
Boxer in 2002, it was alleged that: Dalam
surat yang dikirim dari Daud Fabian untuk
Senator Boxer pada tahun 2002, ia menyatakan bahwa:
"There
is a single connection between northern and southern California's power grids. I heard that Enron
traders purposely overbooked that line, then caused others to need it. Next, by
California's
free-market rules, Enron was allowed to price-gouge at will." [
10 ] "
Ada satu sambungan
antara grids
California
utara dan selatan daya. Saya mendengar bahwa Enron pedagang sengaja overbooked
kalimat, kemudian menyebabkan orang lain membutuhkannya Berikutnya,. Dengan
aturan
California
pasar bebas, Enron diizinkan untuk harga-menipu di akan. "
[10]
[ edit ] Effects of partial
deregulation [ sunting ] Dampak deregulasi sebagian
Part of California's deregulation process, which was promoted as a means of
increasing competition, involved the partial divestiture in March 1998 of electricity generation stations by the incumbent utilities , who were still responsible for electricity distribution and were competing with
independents in the retail market. Bagian dari California
deregulasi proses, yang dipromosikan sebagai sarana
peningkatan persaingan melibatkan divestasi parsial Maret 1998 dari
pembangkit listrik stasiun oleh incumbent
utilitas , yang masih bertanggung jawab untuk
distribusi listrik dan bersaing dengan
independen di
ritel pasar.
A total of
40% of installed capacity — 20 gigawatts — was sold to what were called "independent
power producers ." Sebanyak 40% dari
kapasitas terpasang - 20
gigawatts - telah dijual kepada apa yang disebut
"listrik swasta
produsen . "
These
included Mirant , Reliant , Williams , Dynegy , and AES . Ini termasuk
Mirant ,
Reliant ,
Williams ,
Dynegy , dan
AES .
The utilities
were then required to buy their electricity from the newly created day-ahead
only market, the California Power Exchange (PX). Utilitas kemudian harus
membeli listrik mereka dari pasar yang baru dibuat hari depan hanya, California
Power Exchange (PX).
Utilities were precluded from
entering into longer-term agreements that would have allowed them to hedge
their energy purchases and mitigate day-to-day swings in prices due to
transient supply disruptions and demand spikes from hot weather.
Utilitas yang dilarang masuk ke dalam perjanjian jangka panjang yang akan
memungkinkan mereka untuk lindung nilai pembelian energi dan mengurangi ayunan
sehari-hari di harga karena gangguan pasokan dan lonjakan permintaan sementara
dari cuaca panas.
Then, in 2000, wholesale prices were
deregulated, but retail prices were regulated for the incumbents as part of a deal with the
regulator, allowing the incumbent utilities to recover the cost of assets that
would be stranded as a result of greater competition, based on the expectation
that "frozen" rates would remain higher than wholesale prices.
Kemudian, pada tahun 2000, harga grosir yang diregulasi, tapi harga eceran yang
diatur untuk mapan sebagai bagian dari kesepakatan dengan
regulator, memungkinkan utilitas incumbent untuk memulihkan biaya aset yang
akan terdampar sebagai akibat dari kompetisi yang lebih besar, berdasarkan
harapan bahwa "beku" harga akan tetap lebih tinggi dari harga grosir.
This assumption remained true from April 1998
through May 2000. tetap Asumsi ini benar dari April 1998 sampai Mei
2000.
Energy deregulation put the three companies that
distribute electricity into a tough situation. deregulasi Energi
menempatkan tiga perusahaan yang mendistribusikan tenaga listrik ke dalam
situasi sulit.
Energy deregulation policy froze or
capped the existing price of energy that the three energy distributors could
charge. [
11 ] Deregulating the producers of energy did not lower the cost of
energy. kebijakan deregulasi Energi membeku atau capped harga energi
yang ada yang tiga distributor energi bisa biaya.
[11]
deregulasi produsen energi tidak menurunkan biaya energi.
Deregulation did not encourage new producers to create
more power and drive down prices. Deregulasi tidak mendorong produsen
baru untuk menciptakan lebih banyak daya dan menurunkan harga.
Instead, with increasing demand for electricity, the
producers of energy charged more for electricity. [
12 ] The producers used moments of spike energy production to inflate
the price of energy. [
12 ] In January 2001, energy producers began shutting down plants to
increase prices. [
12 ] Sebaliknya, dengan meningkatnya permintaan untuk listrik,
produsen energi akan dibebankan biaya lebih untuk listrik.
[12]
Para produsen digunakan saat-saat produksi
energi spike untuk melakukan penggelembungan harga energi.
[12]
Pada bulan Januari 2001, produsen energi mulai mematikan tanaman untuk
meningkatkan harga.
[12]
When electricity wholesale prices exceeded retail prices, end user demand was unaffected, but
the incumbent utility companies still had to purchase power, albeit at a
loss. Ketika listrik melebihi harga grosir
eceran harga, permintaan pengguna akhir tidak
terpengaruh, tetapi incumbent
utilitas perusahaan masih harus membeli kekuasaan, meskipun
dengan kerugian.
This allowed independent producers
to manipulate prices in the electricity market by withholding electricity
generation, arbitraging the price between internal generation and
imported (interstate) power, and causing artificial transmission constraints. Hal ini
memungkinkan produsen independen untuk memanipulasi harga di pasar pembangkit
listrik oleh listrik withholding,
arbitraging harga antara generasi internal dan impor (antar
negara) kekuasaan, dan menyebabkan buatan
transmisi kendala.
This was a procedure referred to as "gaming the
market." Prosedur ini disebut sebagai "pasar gaming."
In economic terms, the incumbents who were still subject
to retail price caps were faced with inelastic demand (see also: Demand response ). Dalam istilah ekonomi,
mapan yang masih dikenakan harga eceran topi dihadapkan dengan
permintaan inelastis (lihat juga:
respon Permintaan ).
They were unable to pass the higher prices on to
consumers without approval from the public utilities commission. Mereka
tidak mampu melewati harga lebih tinggi ke konsumen tanpa persetujuan dari
komisi utilitas publik.
The affected incumbents
were Southern California Edison (SCE) and Pacific Gas & Electric (PG&E).
Para pemain mapan mempengaruhi adalah
Southern California Edison (SCE) dan
Pacific Gas & Electric (PG & E).
Pro- privatization advocates insist the cause of the problem
was that the regulator still held too much control over the market, and true
market processes were stymied — whereas opponents of deregulation assert
that the fully regulated system had worked for 40 years without blackouts.
Pro-
privatisasi pendukung bersikeras penyebab masalahnya
adalah bahwa regulator masih memegang terlalu banyak kontrol atas pasar, dan
proses pasar sebenarnya adalah terhalang - sedangkan lawan dari deregulasi
menyatakan bahwa sistem diatur sepenuhnya telah bekerja selama 40 tahun tanpa
pemadaman.
[ edit ] Government price caps
[ sunting ] Penampilan harga Pemerintah
By keeping the consumer price of electricity
artificially low, the California
government discouraged citizens from practicing conservation. Dengan
menjaga harga konsumen listrik artifisial rendah, pemerintah dianjurkan
California masyarakat
dari praktek konservasi.
In February 2001, California governor Gray
Davis stated, "Believe me, if I wanted to raise rates I could have solved
this problem in 20 minutes." [
13 ] Pada bulan Februari 2001, Gubernur California Gray Davis
mengatakan, "Percayalah, jika saya ingin menaikkan tarif aku bisa
memecahkan masalah ini dalam 20 menit".
[13]
Energy price regulation forced suppliers to
ration their electricity supply rather than expand production. [ citation needed ] This
artificial scarcity created opportunities for market manipulation by energy
speculators. [ citation needed ]
Harga Energi dipaksa peraturan pemasok untuk ransum pasokan listrik mereka
daripada memperluas produksi
[. rujukan? ] ini buatan
kelangkaan menciptakan peluang untuk manipulasi pasar oleh spekulan energi.
[
rujukan? ]
State lawmakers expected the price of
electricity to decrease due to the resulting competition; hence they capped the
price of electricity at the pre-deregulation level. Negara anggota
parlemen diharapkan harga listrik menurun karena persaingan yang dihasilkan,
maka mereka capped harga listrik pada tingkat pra-deregulasi.
Since they also saw it as imperative that the supply of
electricity remain uninterrupted, utility companies were required by law to buy
electricity from spot markets at uncapped prices when faced with imminent
power shortages. Karena mereka juga melihatnya sebagai keharusan bahwa
pasokan listrik tetap tidak terganggu, perusahaan utilitas telah diwajibkan
oleh hukum untuk membeli listrik dari
pasar spot dengan harga membuka tutup ketika dihadapkan
dengan kekurangan daya dekat.
When the electricity demand in California rose, utilities had no financial
incentive to expand production, as long term prices were capped. Ketika
permintaan listrik di
California
meningkat, utilitas tidak memiliki insentif keuangan untuk memperluas produksi,
sebagai jangka panjang harga yang ditutup.
Instead,
wholesalers such as Enron manipulated the market to force utility companies into
daily spot markets for short term gain. Sebaliknya, pedagang besar
seperti
Enron memanipulasi pasar untuk memaksa perusahaan utilitas ke
pasar spot harian untuk keuntungan jangka pendek.
For
example, in a market technique known as megawatt laundering, wholesalers bought
up electricity in California
at below cap price to sell out of state, creating shortages. Misalnya,
dalam teknik yang dikenal sebagai pasar pencucian megawatt, grosir membeli
listrik di
California
dengan harga tutup di bawah ini untuk menjual negara, menciptakan kekurangan.
In some instances, wholesalers scheduled power
transmission to create congestion and drive up prices. Dalam beberapa
kasus, grosir dijadwalkan transmisi kekuatan untuk menciptakan kemacetan dan
menaikkan harga.
After extensive investigation The Federal Energy Regulatory Commission
(FERC) substantially agreed in 2003: [
14 ] Setelah penyelidikan ekstensif ini
Federal Energy Regulatory Commission
(FERC) substansial setuju pada tahun 2003:
[14]
"...supply-demand
imbalance, flawed market design and inconsistent rules made possible
significant market manipulation as delineated in final investigation report.
Without underlying market dysfunction, attempts to manipulate the market would
not be successful." "... Ketidakseimbangan pasokan-permintaan,
pasar desain cacat dan aturan tidak konsisten membuat manipulasi pasar mungkin
signifikan digambarkan dalam laporan akhir penyelidikan. Tanpa disfungsi pasar
yang mendasarinya, upaya untuk memanipulasi pasar tidak akan berhasil."
"...many
trading strategies employed by Enron and other companies violated the
anti-gaming provisions..." "Strategi perdagangan ... banyak
dipekerjakan oleh perusahaan lain Enron dan melanggar ketentuan anti-game
..."
"Electricity
prices in California's
spot markets were affected by economic withholding and inflated price bidding,
in violation of tariff anti-gaming provisions." "Listrik harga
di pasar spot California
dipengaruhi oleh pemotongan ekonomi dan penawaran harga meningkat, yang
melanggar ketentuan tarif anti-game."
The major flaw of the deregulation scheme was
that it was an incomplete deregulation—that is, "middleman" utility
distributors continued to be regulated and forced to charge fixed prices, and
continued to have limited choice in terms of electricity providers.
Kelemahan utama dari skema deregulasi adalah bahwa itu adalah deregulasi-yang
tidak lengkap, "perantara" distributor utilitas terus diatur dan
dipaksa untuk menetapkan harga yang tetap, dan terus memiliki pilihan yang
terbatas dalam hal penyedia listrik.
Other, less
catastrophic energy deregulation schemes, such as Pennsylvania's, have generally deregulated
utilities but kept the providers regulated, or deregulated both.
utilitas, skema bencana deregulasi kurang energi, seperti
Pennsylvania, umumnya diregulasi lain tetapi
memelihara penyedia diatur, atau diregulasi keduanya.
[ edit ] New regulations [ sunting ] Peraturan Baru
In the mid-90's, under Republican Governor Pete Wilson , California
began changing the electricity industry. Pada pertengahan 90-an, di
bawah Gubernur Republik
Pete Wilson ,
California
mulai mengubah industri listrik.
Democratic State
Senator Steve Peace , the chair of the energy committee
and the author of the bill that put these changes into effect, is often
credited as "the father of deregulation". [ who? ] Wilson admitted publicly
that defects in the deregulation system would need fixing by "the next
governor". Demokrat Senator Negara Bagian
Steve Perdamaian , ketua komite energi dan penulis
tagihan yang membuat perubahan-perubahan ini berlaku, sering dikreditkan sebagai
"ayah dari deregulasi".
[ siapa? ] Wilson mengakui secara
terbuka bahwa kerusakan dalam sistem deregulasi akan perlu diperbaiki oleh
"gubernur berikutnya".
The new rules called for the Investor Owned
Utilities, or IOUs, (primarily Pacific Gas and Electric , Southern California Edison , and San Diego Gas and Electric ) to sell off
a significant part of their electricity generation to wholly private,
unregulated companies such as AES, Reliant, and Enron. Peraturan baru
bernama untuk Investor Milik Utilitas, atau IOUs, (terutama
Pasifik Gas dan Electric ,
Southern California Edison , dan
San Diego Gas dan Listrik ) untuk menjual
sebagian besar dari mereka
pembangkit listrik untuk sepenuhnya swasta,
perusahaan tidak diatur seperti AES , Reliant, dan Enron.
The buyers of those power plants then became the wholesalers
from which the IOUs needed to buy the electricity that they used to own
themselves. Pembeli dari
pembangkit listrik kemudian menjadi
pedagang besar dari yang dibutuhkan IOUs untuk membeli listrik yang mereka
gunakan untuk diri sendiri.
While the selling of power plants to private
companies was labeled "deregulation", in fact Steve Peace and the California legislature
expected that there would be regulation by the FERC which would prevent
manipulation. Sementara penjualan pembangkit listrik kepada perusahaan
swasta diberi label "deregulasi", dalam kenyataannya Perdamaian Steve
dan legislatif California diharapkan bahwa akan ada regulasi oleh FERC yang
akan mencegah manipulasi.
The FERC's job, in
theory, is to regulate and enforce Federal law, preventing market manipulation
and price manipulation of energy markets. FERC pekerjaan, dalam teori,
adalah untuk mengatur dan menegakkan hukum federal, mencegah manipulasi pasar
dan manipulasi harga pasar energi.
When called upon
to regulate the out-of-state privateers which were clearly manipulating the California energy
market, the FERC hardly reacted at all and did not take serious action against
Enron, Reliant, or any other privateers. Ketika dipanggil untuk mengatur
keluar-dari privateers-negara yang jelas-jelas memanipulasi pasar energi
California, FERC hampir
tidak bereaksi sama sekali dan tidak mengambil tindakan serius terhadap Enron,
Reliant, atau privateers lainnya.
FERC's resources
are in fact quite sparse in comparison to their entrusted task of policing the
energy market. sumber daya FERC adalah sebenarnya cukup tipis
dibandingkan dengan mereka mempercayakan tugas kepolisian pasar energi.
Lobbying by private companies may also have slowed down
regulation and enforcement. [
15 ] Lobi oleh perusahaan-perusahaan swasta juga mungkin
melambat peraturan dan penegakan hukum.
[15]
[ edit ] Supply and demand [ sunting ] Persediaan dan permintaan
California's population increased by 13% during the 1990s.
Populasi
California
meningkat sebesar 13% selama tahun 1990-an.
The
state did not build any new major power plants during that time, although
existing in-state power plants were expanded and power output was increased
nearly 30% from 1990 to 2001. Negara manapun tidak membangun pembangkit
listrik baru yang besar selama waktu itu, walaupun ada di negara-pembangkit
listrik yang diperluas dan output daya meningkat hampir 30% 1990-2001.
California's utilities came to depend in part on
the import of excess hydroelectricity from the Pacific Northwest states of Oregon and Washington . [ citation needed ]
California's groundbreaking clean air standards favored in-state electricity
generation which burned natural gas because of its lower emissions, as opposed
to coal whose emissions are more toxic and contain more pollutants. itu
utilitas California datang bergantung di bagian atas impor kelebihan
pembangkit listrik tenaga air dari
Pacific Northwest negara bagian
Oregon dan
Washington [. rujukan yang inovatif
bersih California standar
udara] disukai di negara-pembangkit
listrik yang dibakar gas alam karena rendah emisi, sebagai lawan untuk batubara
emisi yang lebih beracun dan mengandung polutan lebih.
In the summer of 2001 a drought in the northwest
states reduced the amount of hydroelectric power available to California. Pada musim panas tahun
2001, kekeringan di barat laut negara mengurangi jumlah listrik tenaga air yang
tersedia ke
California.
Though at no point during the crisis was
California's sum of [actual electric-generating capacity]+[out of state supply]
less than demand, California's energy reserves were low enough that during peak
hours the private industry which owned power-generating plants could
effectively hold the State hostage by shutting down their plants for
"maintenance" in order to manipulate supply and demand.
Meskipun pada titik tidak selama krisis adalah jumlah California dari
[kapasitas aktual listrik yang menghasilkan] + [keluar dari pasokan negara]
kurang dari permintaan, cadangan energi California yang cukup rendah sehingga
saat jam sibuk industri swasta yang memiliki pembangkit listrik tanaman dapat
secara efektif terus sandera Negara dengan menutup pabrik-pabrik mereka untuk
"pemeliharaan" untuk memanipulasi penawaran dan permintaan.
These critical shutdowns often occurred for no other
reason than to force California's
electricity grid managers into a position where they would be forced to
purchase electricity on the "spot market", where private generators
could charge astronomical rates. Shutdowns kritis ini sering terjadi
tanpa alasan lain selain untuk kekuatan listrik manajer grid
California ke posisi di mana mereka akan
dipaksa untuk membeli listrik di pasar spot "", di mana generator
swasta bisa mengenakan tarif astronomi.
Even though
these rates were semi-regulated and tied to the price of natural gas, the
companies (which included Enron and Reliant Energy) controlled the supply of
natural gas as well. Meskipun angka ini adalah semi-diatur dan dikaitkan
dengan harga gas alam, perusahaan (yang termasuk Enron dan Reliant Energy) yang
dikendalikan pasokan gas alam juga.
Manipulation by
the industry of natural gas prices resulted in higher electricity rates that
could be charged under the semi-regulations. Manipulasi oleh industri
harga gas alam menghasilkan tarif listrik yang lebih tinggi yang dapat
dibebankan bawah-peraturan semi.
In addition, the energy companies took advantage
of California's
electrical infrastructure weakness. Selain itu, perusahaan energi
mengambil keuntungan dari kelemahan infrastruktur listrik
California.
The
main line which allowed electricity to travel from the north to the south, Path 15 , had not been improved for many years and became
a major bottleneck point which limited the amount of power that could be sent
south to 3,900 MW . Garis utama yang memungkinkan listrik untuk
perjalanan dari utara ke selatan,
jalan 15 , belum diperbaiki selama bertahun-tahun dan
menjadi titik kemacetan besar yang membatasi jumlah daya yang bisa dikirim ke
selatan untuk 3.900
MW .
Without the manipulation by
energy companies, this bottleneck was not problematic, but the effects of the
bottleneck compounded the price manipulation by hamstringing energy grid
managers in their ability to transport electricity from one area to another.
Tanpa manipulasi oleh perusahaan-perusahaan energi, hambatan ini tidak
bermasalah, tapi efek dari kemacetan diperparah manipulasi harga oleh
hamstringing manajer energi grid dalam kemampuan mereka untuk mengangkut
listrik dari satu daerah ke daerah lain.
With a
smaller pool of generators available to draw from in each area, managers were
forced to work in two markets to buy energy, both of which were being
manipulated by the energy companies. Dengan kolam yang lebih kecil dari
generator tersedia untuk menarik dari di daerah masing-masing, manajer dipaksa
bekerja di dua pasar untuk membeli energi, baik dari yang dimanipulasi oleh
perusahaan-perusahaan energi.
The International Energy Agency estimates [
16 ] that a 5% lowering of demand would result in a 50% price
reduction during the peak hours of the California electricity crisis in
2000/2001. The
International Energy Agency
memperkirakan
[16]
bahwa 5% penurunan permintaan akan mengakibatkan penurunan harga 50% selama jam
puncak krisis listrik di California 2000/2001.
With
better demand response the market also becomes more
resilient to intentional withdrawal of offers from the supply side.
Dengan lebih
respon permintaan pasar juga menjadi lebih tahan
terhadap penarikan sengaja menawarkan dari sisi penawaran.
[ edit ] Some key events [ sunting ] Beberapa peristiwa penting
Rolling blackouts affecting 97,000 customers hit
the San Francisco
Bay area on June 14,
2000, and San Diego Gas & Electric Company filed a complaint alleging
market manipulation by some energy producers in August 2000. Rolling
pemadaman mempengaruhi 97.000 pelanggan menghantam daerah Teluk San Francisco
pada tanggal 14 Juni 2000, dan San Diego Gas & Electric Company mengajukan
pengaduan dugaan manipulasi pasar oleh beberapa produsen energi pada bulan
Agustus 2000.
On December 7, 2000, suffering from
low supply and idled power plants, the California Independent System Operator (ISO), which
manages the California power grid, declared the first statewide Stage 3 power
alert, meaning power reserves were below 3 percent. Pada tanggal 7
Desember 2000, menderita dari pasokan rendah dan idled pembangkit listrik,
California
Sistem Independen Operator (ISO), yang
mengelola jaringan listrik California, negara bagian pertama menyatakan waspada
Tahap 3 kekuatan, cadangan daya yang berarti berada di bawah 3 persen.
Rolling blackouts were avoided when the state halted two
large state and federal water pumps to conserve electricity. Rolling
pemadaman dihindari ketika negara dihentikan dua negara besar dan pompa air
federal untuk menghemat listrik.
On December 15, 2000, the Federal Energy
Regulatory Commission ( FERC ) rejected California's
request for a wholesale rate cap for California,
instead approving a "flexible cap" plan of $150 per megawatt-hour.
Pada tanggal 15 Desember 2000, Federal Energy Regulatory Commission (
FERC ) menolak permintaan California's topi tingkat grosir untuk
California, bukannya menyetujui fleksibel tutup "" rencana $ 150 per
megawatt-jam.
That day, California was paying wholesale prices of
over $1400 per megawatt-hour, compared to $45 per megawatt-hour average one
year earlier. Hari itu,
California
adalah harga grosir membayar lebih dari $ 1.400 per megawatt-jam dibandingkan
dengan rata-rata $ 45 per megawatt jam satu tahun sebelumnya.
In January 17, 2001, the electricity crisis
caused Governor Gray Davis to declare a state of emergency. Pada
tanggal 17 Januari 2001, krisis listrik menyebabkan Gubernur
Gray Davis untuk menyatakan keadaan darurat.
Speculators, led by Enron Corporation , were collectively making
large profits while the state teetered on the edge for weeks, and finally
suffered rolling blackouts on January 17 & 18. Spekulan, dipimpin
oleh
Enron Corporation , secara kolektif membuat
keuntungan yang besar sementara negara terhuyung di tepi selama
berminggu-minggu, dan akhirnya mengalami pemadaman bergulir pada tanggal 17
& 18.
Davis was forced to step in to buy power at highly unfavorable
terms on the open market, since the California
power companies were technically bankrupt and had no buying power. Davis terpaksa langkah untuk membeli kekuasaan pada
persyaratan yang sangat menguntungkan di pasar terbuka, karena perusahaan
listrik
California
secara teknis
bangkrut dan tidak memiliki daya beli.
The resulting massive long term debt obligations added to
the state budget crisis and led to widespread grumbling about Davis' administration. Yang besar
dihasilkan kewajiban hutang jangka panjang ditambah krisis anggaran negara dan
menyebabkan luas menggerutu tentang administrasi
Davis '.